Extro Indonesia

Call Us :

021 9741 8000 / 0857 7477 8000

bbm 2263D419

Absensi Karyawan dan Kegunaannya

Saat ini banyak perusahaan yang semakin mengetatkan aturan absensi karyawan. Aturan ini dipertegas bukannya tanpa alasan. Salah satu alasan yang paling klasik namun memang paling berlalasan adalah untuk menekan angka pembolosan karyawan. Pengetatan absensi karyawan memang memberikan beberapa hal yang cukup signifikan untuk sebuah perusahaan pasalnya jika absensi tidak diperketat, maka operasional perusahaan bisa terganggu. Jika sehari saja ada tiga atau lima karyawan yang tidak masuk sementara jumlah karyawan tetap hanyalah 25 orang maka jelas operasional bisa terganggu karena karyawan yang seharusnya hanya mengerjakan satu bidang saja maka harus mengerjakan dua bidang dan itu sangat tidak efektif. Absensi karyawan juga sangat erat kaitanya dengan sistem penggajian karyawan. Sebuah perusahaan bisa saja mengetatkan aturan absensi dengan memberlakukan potong gaji setiap karyawan tidak masuk kerja tanpa ijin ataupun karena terlambat. Potongan gaji yang diberlakukan bisa bervariasi, tergantung tingkat keparahan keterlambatan atau jumlah hari bolos sang karyawan sehingga karyawan akan berpikir berulang kali jika ingin membolos.

Untuk membuat absensi karyawan semakin efektif karena banyak karyawan yang sering menitip absen, terutama pabrik besar yang karyawannya mencapai ribuan, maka sebaiknya mempergunakan mesin absensi otomatis dan diawasi oleh seorang penjaga. Dengan begitu, maka karyawan bisa absen secara cepat dan tidak memberi kesempatan kepada karyawan untuk titip absen. Akan tetapi absensi karyawan hendaknya juga memberikan toleransi bagi mereka yang benar-benar sakit. Ada kalanya seorang karyawan sakit dan tidak bisa masuk kerja. Kepada mereka, sebaiknya tidak diberlakukan secara semena-mena. Lebih baik ada kebijakan tertentu seperti karyawan yang sakit harus meminta surat dokter dan harus diserahkan kepada bagian pegawai atau atasanya langsung saat dia  masuk lagi. Surat dokter merupakan bukti sang karyawan sakit dan juga merupakan permintaan ijin resmi dari dokter yang memeriksa. Selain itu, surat dokter juga hendaknya dipergunakan sebagai alat untuk menghitung tunjungan kesehatan yang harus diberikan pada bulan yang bersangkutan kepada karyawan tersebut.

Perusahaan yang baik dan profesional pasti akan memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki absensi bagus. Oleh sebab itu, data absensi bisa juga dipergunakan untuk penghitungan bonus ataupun reward dalam bentuk yang lain. Dengan begitu, maka akan banyak karyawan lain yang terdorong dan termotivasi untuk menciptakan absensi sempurna dengan harapan mendapatkan bonus yang lumayan besar dari perusahaan. Sementara itu, data absensi karyawan juga kadang diperlukan jika ada penilaian dari perusahaan pusat maupun dari badan audit atau pemeriksa yang lain. Absensi karyawan yang baik akan menjadi alat untuk menaikkan citra perusahaan dimata umum sehingga juga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan investor dan juga konsumen kepada perusahaan yang secara langsung tentunya berpengaruh kepada investasi dan penjualan.

 

TISSOR INDONESIA

TANPA SCAN MUDAH DI GUNAKAN

Dapatkan harga khusus Setiap Pembelian TERBATAS !!!

EMAIL : [email protected] / [email protected]

Fb : http://www.facebook.com/tissorExtro.id

Twitter : http://www.twitter.com/tissor_id

0219 741 8000 / 0857 7477 8000

0838 7447 8000

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
Contact us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Questions, issues or concerns? I'd love to help you!

Click ENTER to chat